UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETUTOR SEBAYA DI SMP NEGERI 3 SATU ATAP BANGUN PURBA

Asmiah Asmiah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil  belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe tutur sebaya.Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 26,1 hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum  pembelajaran disekolah.  Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM  ke II dan  KBM ke IV dilakukan  tes hasil belajar  formatif I dan formatif II  dengan rata-rata hasil belajar  masing-masing menunjukkan 60,7 dan  85,7. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain  membaca/menulis (41 %), mengerjakan LKS (24%), bertanya sesama teman (8 %), bertanya kepada guru (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (13 %). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada siklus II antara lain  membaca/menulis (24 %), mengerjakan LKS (50 %), bertanya sesama teman (19%), bertanya kepada guru (2 %), dan yang tidak relevan dengan KBM  (6 %).

Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2981

Article Metrics

Abstract view : 231 times
PDF - 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.