UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETUTOR SEBAYA DI SMP NEGERI 3 SATU ATAP BANGUN PURBA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe tutur sebaya.Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 26,1 hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum pembelajaran disekolah. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II dengan rata-rata hasil belajar masing-masing menunjukkan 60,7 dan 85,7. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain membaca/menulis (41 %), mengerjakan LKS (24%), bertanya sesama teman (8 %), bertanya kepada guru (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM (13 %). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain membaca/menulis (24 %), mengerjakan LKS (50 %), bertanya sesama teman (19%), bertanya kepada guru (2 %), dan yang tidak relevan dengan KBM (6 %).
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2981
Article Metrics
Abstract view : 267 timesPDF - 198 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.