PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 4 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2983Abstract
Abstrak Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Medan mata pelajaran ipa. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa IPA yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (64%) mengalami kenaikan hingga tuntas klasiklal pada Siklus II (94.11 %); 2) Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain membaca (46% ), bekerja (28%), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (4%), dan yang tidak relevan dengan KBM (14%) dan Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain membaca (33%), bekerja (43%) bertanya sesama teman (15%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2%). Dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas siswa semakin meningkat pada setiap siklus. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Numbered Head TogetherPublished
2015-12-25
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.