PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 4 MEDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Medan mata pelajaran ipa. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa IPA yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (64%) mengalami kenaikan hingga tuntas klasiklal pada Siklus II (94.11 %); 2) Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain membaca (46% ), bekerja (28%), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (4%), dan yang tidak relevan dengan KBM (14%) dan Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain membaca (33%), bekerja (43%) bertanya sesama teman (15%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2%). Dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas siswa semakin meningkat pada setiap siklus.
Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2983
Article Metrics
Abstract view : 350 timesPDF - 275 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.