PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 4 MEDAN

Nurul Huda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Medan  mata pelajaran ipa. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa IPA yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (64%) mengalami kenaikan hingga tuntas klasiklal pada Siklus II (94.11 %); 2) Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain  membaca (46% ), bekerja (28%), bertanya sesama teman (10%),   bertanya kepada guru (4%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (14%) dan Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain  membaca (33%), bekerja (43%) bertanya sesama teman (15%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (2%). Dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas siswa semakin meningkat pada setiap siklus.

Kata Kunci      : Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2983

Article Metrics

Abstract view : 294 times
PDF - 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.