PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA BIDANG STUDI SENI BUDAYA DI KELAS VII-6 SMP NEGERI 7 MEDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Seni Budaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Pada Formatif I dan Formatif II menunjukkan 18 orang siswa tuntas. Pada Siklus II, tuntas sebanyak 35 orang siswa, dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 72 dan 80 dan persentase ketuntasan klasikal adalah 46,2% pada siklus I dan 89,7% pada siklus II. Data aktivitas pada siklus I meliputi : menulis, membaca 46,3%, mengerjakan LKS 24,4%, bertanya pada teman 6,3%, bertanya pada guru 10%, yang tidak relevan dengan KBM 13%. Data aktivitas pada siklus II meliputi : menulis, membaca 28%, mengerjakan LKS 52%, bertanya pada teman 12%, bertanya pada guru 2%, yang tidak relevan dengan KBM 6%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2984
Article Metrics
Abstract view : 289 timesPDF - 225 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.