PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA BIDANG STUDI SENI BUDAYA DI KELAS VII-6 SMP NEGERI 7 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2984Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Seni Budaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Pada Formatif I dan Formatif II menunjukkan 18 orang siswa tuntas. Pada Siklus II, tuntas sebanyak 35 orang siswa, dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 72 dan 80 dan persentase ketuntasan klasikal adalah 46,2% pada siklus I dan 89,7% pada siklus II. Data aktivitas pada siklus I meliputi : menulis, membaca 46,3%, mengerjakan LKS 24,4%, bertanya pada teman 6,3%, bertanya pada guru 10%, yang tidak relevan dengan KBM 13%. Data aktivitas pada siklus II meliputi : menulis, membaca 28%, mengerjakan LKS 52%, bertanya pada teman 12%, bertanya pada guru 2%, yang tidak relevan dengan KBM 6%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil BelajarPublished
2015-12-25
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.