PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA PAPAN LUNCUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA DI KELAS VII-2 SMP NEGERI 3 BERASTAGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran yakni hasil belajar siswa saat bekerja dalam kelompok di kelas pada mata pelajaran IPA Terpadu dan kemampuan mencerna materi pembelajaran IPA Terpadu dengan materi pokok Gerakdengan menerapkan Strategi pembelajaran Quantum Teaching di kelas VII-2 SMP Negeri 3 Berastagi Tahun Pelajaran 2014/2015. Meningkatnya hasil belajar adalah sebagai dampak membaiknya aktivitas belajar siswa tiap siklus. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain : menulis dan membaca (38%), mengerjakan LKS (31%), bertanya sesama teman (4%), bertanya kepada guru (20%), dan yang tidak relevan dengan KBM (7%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus II antara lain : menulis dan membaca (24%), mengerjakan LKS (43%), bertanya sesama teman (24%), bertanya kepada guru (7%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2%)
Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Quantum Teaching
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i2.3619
Article Metrics
Abstract view : 273 timesPDF - 177 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.