UPAYA MEMOTIVASI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE QUESTIONING DI KELAS VI SDN 014 SIMANGAMBAT

Authors

  • Sudirman Sudirman Guru PKN SD Negeri 014 Sigambat

DOI:

https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i2.3622

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 014 Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, jenis penelitian  ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode questioning dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada saat pra siklus, rata-rata kelas sebanyak 62,50 dari 24 orang siswa, dimana tidak ada siswa memperoleh nilai baik (80-100), 3 orang pada nilai sedang (70-79) dan sebanyak 21 siswa memperoleh nilai belum tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 69,79 dimana 16 siswa (66,67%) memperoleh ketuntasan, dan 8 siswa (33,33%) yang belum tuntas. Persentase ketuntasan belajar secara individual (PPH) 81,25%. Pada siklus II rata-rata kelas siswa meningkat 78,13 dimana seluruh siswa sudah memperoleh ketuntasan (100%). Persentase ketuntasan belajar secara individual (PPH) meningkat menjadi 82,35% dengan kategori penilaian secara klasikal. Kata Kunci: Teacher know-how dominates ingredient towards result learns  

Author Biography

Sudirman Sudirman, Guru PKN SD Negeri 014 Sigambat

SD Negeri 014 Sigambat

Published

2017-04-01