UPAYA MEMOTIVASI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE QUESTIONING DI KELAS VI SDN 014 SIMANGAMBAT
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 014 Simangambat Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode questioning dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada saat pra siklus, rata-rata kelas sebanyak 62,50 dari 24 orang siswa, dimana tidak ada siswa memperoleh nilai baik (80-100), 3 orang pada nilai sedang (70-79) dan sebanyak 21 siswa memperoleh nilai belum tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 69,79 dimana 16 siswa (66,67%) memperoleh ketuntasan, dan 8 siswa (33,33%) yang belum tuntas. Persentase ketuntasan belajar secara individual (PPH) 81,25%. Pada siklus II rata-rata kelas siswa meningkat 78,13 dimana seluruh siswa sudah memperoleh ketuntasan (100%). Persentase ketuntasan belajar secara individual (PPH) meningkat menjadi 82,35% dengan kategori penilaian secara klasikal.
Kata Kunci: Teacher know-how dominates ingredient towards result learns
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i2.3622
Article Metrics
Abstract view : 339 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.