PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPONEN PASIF ELEKTRONIKA SISWA KELAS X-TKR1 SMK NEGERI 1 SIABU

Wizman Wizman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa  dengan diterapkannya Model PembelajaranGroup Investigationselama kegiatan belajar mengajar.Hasil belajar siswa siklus I menunjukkan 16 orang siswa tuntas secara individu, sedangkan kelas tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntas secara individu sebanyak 26 orang siswa, sedangkan kelas adalah tuntas dengan rata-rata nilai siswa siklus I dan siklus II adalah 74,1 dan 86,9. Data aktivitas belajar siswa menurut pengamatan  pada siklus I aktivitas menulis/membaca 43%, mengerjakan LKS 24,5%, bertanya pada teman 8%, bertanya pada guru 13,5%, dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM 11%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang berarti adanya perbaikan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas menulis/membaca 25%, mengerjakan LKS 51,6%, bertanya pada teman 13%, bertanya pada guru 6%, dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM 4,2%.

 

Kata Kunci : Model Group Investigation, Hasil Belajar 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i2.3623

Article Metrics

Abstract view : 305 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.