PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPONEN PASIF ELEKTRONIKA SISWA KELAS X-TKR1 SMK NEGERI 1 SIABU
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i2.3623Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya Model PembelajaranGroup Investigationselama kegiatan belajar mengajar.Hasil belajar siswa siklus I menunjukkan 16 orang siswa tuntas secara individu, sedangkan kelas tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntas secara individu sebanyak 26 orang siswa, sedangkan kelas adalah tuntas dengan rata-rata nilai siswa siklus I dan siklus II adalah 74,1 dan 86,9. Data aktivitas belajar siswa menurut pengamatan pada siklus I aktivitas menulis/membaca 43%, mengerjakan LKS 24,5%, bertanya pada teman 8%, bertanya pada guru 13,5%, dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM 11%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang berarti adanya perbaikan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas menulis/membaca 25%, mengerjakan LKS 51,6%, bertanya pada teman 13%, bertanya pada guru 6%, dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM 4,2%. Kata Kunci : Model Group Investigation, Hasil BelajarPublished
2017-04-01
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.