PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS IX-2 SMPN 1 PATUMBAK

Rasken Karo-Karo

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan aktivitas siswa dalam bermain bola basket dapat meningkat atau tidak.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Sebelum diterapkan metode pembelajaran Role Playing dilakukan pretes, yaitu nilai rata-rata pretes adalah 37.  Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM  ke II dan  KBM ke IV hasilnya  masing-masing menunjukkan 63 dan  73dan persentase ketuntasan klasikal adalah 51,4% pada siklus I dan 85,7% pada siklus II. Melihat data tersebut ada perubahan. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain memperagakan  (28% ), bertanya sesama teman (15%),   bertanya kepada guru (28%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (29%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain memperagakan  (44%), bertanya sesama  teman (28%), bertanya kepada guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (19%).  

Kata Kunci           : Model Role Playing, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i2.3626

Article Metrics

Abstract view : 380 times
PDF - 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.