PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS IX-2 SMPN 1 PATUMBAK
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan aktivitas siswa dalam bermain bola basket dapat meningkat atau tidak.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Sebelum diterapkan metode pembelajaran Role Playing dilakukan pretes, yaitu nilai rata-rata pretes adalah 37. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV hasilnya masing-masing menunjukkan 63 dan 73dan persentase ketuntasan klasikal adalah 51,4% pada siklus I dan 85,7% pada siklus II. Melihat data tersebut ada perubahan. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain memperagakan (28% ), bertanya sesama teman (15%), bertanya kepada guru (28%), dan yang tidak relevan dengan KBM (29%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain memperagakan (44%), bertanya sesama teman (28%), bertanya kepada guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM (19%).
Kata Kunci : Model Role Playing, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i2.3626
Article Metrics
Abstract view : 426 timesPDF - 244 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.