PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 040474 TIGASERANGKAI

Karolina Br Karo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Researh Classroom) karena penelitian ini bertujuan menganalisis atau memecahkan suatu masalah yang nyata dalam pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040474 Tigaserangkai, di Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 14 orang siswa.Hasil belajar kognitif siswa pada Formatif I menunjukkan 8 orang siswa tuntas secara individu, sedangkan kelas tidak tuntas 6 orang. Pada Siklus II, tuntas secara individu sebanyak 12 orang siswa, sedangkan kelas dengan ketuntasan klasikal sebesar 57,14% pada siklus I dan 85,71% pada Siklus II. Data hasil belajar afektif siswa menurut pengamatan pengamat pada SiklusIantaralain:kejujuran (58%), Disiplin (49%), Tanggung jawab (33%), Ketelitian (33%), dan Kerjasama (38%). Dan Data hasil belajar afektif siswa menurutpengamatanpada SiklusIIantaralain:kejujuran (75%), Disiplin (85,71%), Tanggung jawab (59%), Ketelitian (56%), dan Kerjasama (60%).

Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar Siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i2.3629

Article Metrics

Abstract view : 459 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.