MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IX-8 SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN

Zuraidah Zuraidah

Abstract


Penelitian ini merupakan 6 Penelitian Tindakan Kelas (Class room Action Research). Menjadi masalah dalam penelitian ini adalah  rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-8 SMP Negeri 1 Panyabungan yang berjumlah 24 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan menulis naskah drama. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal 8,33%  dengan tingkat hasil yang rendah. Siklus I dengan persentase ketuntasan 62,50% (siswa yang tuntas). Siklus II nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 91,67% (siswa yang tuntas). Berarti hasil yang diperoleh pada pelaksanaan siklus II sudah meningkat dan sudah mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal.

 

Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i2.3631

Article Metrics

Abstract view : 273 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.