UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN IBL (INGUIRY BASED- LEARNING) PADA KELAS XII IPA 1 SMA N. 1 TEBING TINGGI

Jenny Pasaribu

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran dengan pendekatan IBL pada mata pelajaran kimia khususnya pada pokok bahasan sistem koloid dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi.Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa. Sebelum penerapan model pembelajaran dengan pendekatan IBL nilai rata-rata kognitif siswa 47.61 dengan ketuntasan 27.91% dan setelah penerapan model pembelajaran dengan pendekatan IBL menjadi 77.42 dengan ketuntasan klasikal 83.72% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 86.89 dengan ketuntasan klasikal 100% pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa mengalami peningkatan dari 72.31 pada siklus I, 77 pada siklus II. Sedangkan hasil belajar psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I, dan siklus II, berturut-turut nilai rata-ratanya adalah 72.09 dan 76.31.

Kata  Kunci: Hasil Belajar Kimia, Pendekatan IBL


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i1.4161

Article Metrics

Abstract view : 434 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.