UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN IBL (INGUIRY BASED- LEARNING) PADA KELAS XII IPA 1 SMA N. 1 TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran dengan pendekatan IBL pada mata pelajaran kimia khususnya pada pokok bahasan sistem koloid dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi.Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa. Sebelum penerapan model pembelajaran dengan pendekatan IBL nilai rata-rata kognitif siswa 47.61 dengan ketuntasan 27.91% dan setelah penerapan model pembelajaran dengan pendekatan IBL menjadi 77.42 dengan ketuntasan klasikal 83.72% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 86.89 dengan ketuntasan klasikal 100% pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa mengalami peningkatan dari 72.31 pada siklus I, 77 pada siklus II. Sedangkan hasil belajar psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I, dan siklus II, berturut-turut nilai rata-ratanya adalah 72.09 dan 76.31.
Kata Kunci: Hasil Belajar Kimia, Pendekatan IBL
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i1.4161
Article Metrics
Abstract view : 490 timesPDF - 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.