METODE VAKT DAN MEDIA PASIR DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN BAGI ANAK TUNA GRAHITA SEDANG DI KELAS I SDLB-C YPAC MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah siswa tunagrahita sedang yang belum menampakkan kemampuannya dalam menulis permulaan dimana dari 11 orang siswa kelas I SDLB-C yang peneliti obsevasi hanya 2 orang siswa yang sudah mampu memegang pensil dengan bagus atas dasar ini peneliti melakukan penelitian.Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan memakai Metode VAKT dan media Pasir dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis permulaan. Penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research. Subjek penelitian adalah 11 orang siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 2 perempuan.Model penelitian yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto. Karena di dalam suatu siklus atau putaran terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflecting).
Kata kunci: Media pasir, Menulis permulaan, Metode VAKT
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i1.4173
Article Metrics
Abstract view : 673 timesPDF - 443 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.