UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MELALUI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 163089 KOTA TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN melalui metode pembelajaran Example Non Example. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 163089 kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman yang dicapai siswa, juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Pembelajaran dengan metode Example Non Example pada materi pelajaran PKN di kelas VI SD Negeri 163089 kota Tebing Tinggi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu prasiklus (35 %), siklus I (64,86%), siklus II (86,48%) dan dinyatakan berhasil.
Kata Kunci :Hasil Belajar , Metode Example Non Example
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i1.4174
Article Metrics
Abstract view : 617 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.