PENGGUNAAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 11434 SIDUA - DUA
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4177Abstract
ABSTRAKJenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan prosedur yang terdiri atas II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 114349 Sidua-Dua dengan jumlah 46 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan model two stay-two stray pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Memerankan Tokoh Drama di kelas V SD Negeri 114349. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada sisklus I dan siklus II setelah adanya perbaikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui pembelajaran two stay two stray hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 65,22 dan hasil belajar siklus II dengan nilai rata-rata 84,57. Dan untuk persentasi ketuntasan klasikal adalah 52,17 % pada siklus I dan 86,96 % pada siklus II sehingga dengan demikian penelitian dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai nilai KKM dan persentase ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat tinggi.Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaPublished
2016-07-12
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.