PROSES PEMBELAJARAN PRODUKTIF PEMASARAN DENGAN METODE ACTIVE LEARNING TYPE STAD PADA KELAS XI PEMASARAN 2 SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI

M. Guntur Sembiring

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana minat belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Materi Melakukan Konfirmasi Keputusan Pelanggan. Aspek minat belajar siswa yang diteliti adalah variabel kemauan dalam belajar dengan indicator bertanya, variabel pengembangan penalaran deduktif dengan indikator menjawab pertanyaan, variabel keberanian menyampaikan gagasan dan minat dengan indikator mernberikan pendapat, variabel kesungguhan bekerja sesuai dengan prosedur dengan indikator mengikuti aturan dalam proses pembelajaran.  Penelitian ini dilakukan di Kelas XI Pemasaran  2 SMK Negeri 1 Tebing Tinggi, dengan sample siswa berjumlah 38 orang. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil yang diperoleh dari setiap siklus PTK dengan rata-rata pada siklus I adalah 30,55 %, siklus II adalah 72,22 %, dan siklus III adalah 89,81.

Kata Kunci : Metode Active Learning Type STAD, Minat Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4179

Article Metrics

Abstract view : 555 times
PDF - 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.