UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL STRUKTURAL NUMBERED HEADS TOGETHER DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendorong siswa untuk meningkatkan kerja sama mereka. Pemilihan dan penentuan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan diharapkan akan memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Selain itu siswa bisa lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu metode pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan siswa adalah metode pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together). Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan pada siswa XII AK 2 . Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 68,18%, 77,27%, dan 86,36%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model NHT
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4180
Article Metrics
Abstract view : 349 timesPDF - 168 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.