UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL STRUKTURAL NUMBERED HEADS TOGETHER DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI

Nurliana Br Manurung

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendorong siswa untuk meningkatkan kerja sama mereka. Pemilihan dan penentuan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang  diajarkan diharapkan akan memudahkan siswa dalam  memahami materi tersebut. Selain itu siswa bisa lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu metode pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan siswa adalah metode pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together). Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan pada siswa XII AK 2 . Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 68,18%, 77,27%, dan 86,36%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model NHT


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4180

Article Metrics

Abstract view : 325 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.