UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR EKONOMI PEMASARAN MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KISAH SUKSES PELAKU EKONOMI PADA SISWA X PM 3 SMK N 1 TEBING TINGGI

Walter Situmorang

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan wawancara singkat dan hasil kuesioner, pelajaran ekonomi pemasaran dinilai sebagai pelajaran dasar  oleh siswa dari kelas X PM 3 SMK N 1 Tebing Tinggi. Ini membuat siswa menarik ekonomi belajar. Menurut siswa, ekonomi adalah pelajaran yang penuh bacaan dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran ekonomi pemasaran dengan cara memilih media dan metode yang sesuai dalam pelajaran ekonomi. Kisah sukses sejati pengusaha dapat digunakan sebagai media/bahan dalam pembelajaran ekonomi. Karena ilmu ekonomi adalah pelajaran tentang kegiatan manusia. Kita dapat menemukan banyak kisah sukses sejati pengusaha di sekitar kita. Mereka bisa menjadi sebuah buku kehidupan bahwa setiap tubuh dapat belajar dari mereka. Menggunakan kisah sukses sejati pengusaha sebagai media dalam pembelajaran ekonomi adalah pelaksanaan pembelajaran kontekstual pembelajaran (CTL). Metode ini cocok untuk paradigma pembelajaran pusat mahasiswa dalam pendidikan. Paradigma ini perlu partisipasi siswa aktif dan kreatif dalam belajar. Dalam metode ini, guru tidak bisa hanya memberikan pelajaran dalam satu cara. Banyak metode dan media dapat digunakan untuk berlatih CTL.

Kata Kunci: Minat, Kisah Sukses, CTL


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4183

Article Metrics

Abstract view : 290 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.