MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRESENTASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA TEBING TINGGI

Ida Rosmawarni

Abstract


ABSTRAK

Rendahnya tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar merupakan hal yang sering ditemukan dan dialami dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan metode presentasi ini sangat dirasakan akan lebih memicu dan memberikan rangsang terhadap siswa untuk aktif karena akan adanya keterpaksaan yang muncul secara otomatis yaitu karena merasa malu oleh siswa lain jika siswa tidak mampu untuk mempresentasikan materi tersebut, atau siswa tersebut akan dipaksa untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh siswa lain.  Diantaranya adalah dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang sekiranya dapat mendorong tujuan tersebut. Dalam hal ini dengan menggunakan Metode Presentatif yang dilakukan oleh siswa itu sendiri sedangkan guru mengadakan penilaian terhadap seluruh komponen yang terlibat. Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti maka didapatkan hasil sebagai berikut: jumlah siswa yang bertanya 50%, siswa yang menjawab 21,81%, dan siswa yang berpendapat 25%.

Kata Kunci : Metode Presentatif, Proses Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4184

Article Metrics

Abstract view : 571 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.