MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A MELALUI METODE OBSERVASI YANG DIVARIASIKAN DENGAN LKS WORD SQUARE DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini didesain melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Klasifikasi Hewan melalui penerapan metode observasi yang divariasikan dengan LKS Word square di kelas XI-2 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Subjek penelitian ini adalah kelas XI-2 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) peningkatan persentase siswa yang memperoleh nilai ≥65 atau jumlah siswa yang belajar tuntas meningkat menjadi 85%, (2) ketuntasan keaktifan klasikal ≥75%.
Kata Kunci: Hasil belajar, LKS Word square, Materi Klasifikasi, Metode observasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4185
Article Metrics
Abstract view : 308 timesPDF - 189 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.