PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL ”GROUP INVESTIGATION” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMASARAN PADA SISWA SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI

Marlan Simatupang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk emningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel siswa kelas XI Pemasaran 2  SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan metode group investigation dalam matadiklat Pemasaran. Melalui siklus tindakan pembelajaran yang menerapan metode group investigation dalam matadiklat Pemasaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: model pembelajaran GI adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok.

Kata Kunci: Group Investigation, Kooperatif, Motivasi, Pemasaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4188

Article Metrics

Abstract view : 298 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.