PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 YANG DIUPAYAKAN DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI

Nelfiza Nelfiza

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan  pada rendahnya prestasi belajar siswa yang disampaikan pada latar belakang masalah, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning diupayakan untuk dapat menyelesaikan dua tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data kenaikan prestai belajar siswa yaitu pada data awal ada 10 siswa mendapat nilai di bawah 65  pada siklus I menurun menjadi 8  siswa dan siklus II hanya 3 siswa mendapat nilai di bawah 65. Dari rata-rata awal 60. naik menjadi  65 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 70. Dari data awal siswa yang tuntas hanya 26 orang sedangkan pada siklus I menjadi lebih banyak yaitu 28 siswa dan pada siklus II menjadi cukup banyak yaitu 32 siswa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, PBL, Prestasi Belajar

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4189

Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF - 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.