ANALISIS PERBANDINGAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN PANCASILA DI KELAS IV

Indah Wijaya Lase, Eliyunus Waruwu, Edward Harefa, Seven Rianto Gulo, Sumangeli Gulo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hasil belajar siswa Kurikulum Merdeka pada pendidikan Pancasila. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain ex-post facto dan teknik random sampling sehingga sampel penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Swasta Kristen BNKP Lahewa sebanyak 33 siswa. Berdasarkan hasil analisis sampel uji berpasangan t-test ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil ujian tengah semester ganjil (penerapan Kurikulum 2013) dan hasil ujian tengah semester semester genap (penerapan Kurikulum Merdeka) pada siswa. siswa kelas IV pendidikan Pancasila.


Keywords


Pancasila Education, Merdeka Curriculum, Curriculum 2013.

Full Text:

PDF

References


Anisa, D. L. N. 2022. Implementation Of Independent Learning Curriculum As A 21st Century Learning Model In Higher Education. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 233–248. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/manageria.2022.72-15

Azis, R. 2018. Implementasi Pengembangan Kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4932

Fakih Khusni, M., Munadi, M., & Matin, A. 2022. Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71

Fatmawati, E. 2022. Kebijakan Kurikulum di Masa Pandemi. MATAAZIR: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan ; Vol. 2 No. 1 (2021): Edisi Januari-Juni 2021; 158-173 ; 2721-821X.

Julaeha, S. 2019. Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Lubis, A. N. 2022. Inovasi Pembelajaran SMA/MAN Guru Dalam Merancang Kurikulum Selama Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Dolok Batu Nanggar. Education & Learning, 2(1), 22–25. https://doi.org/https://doi.org/10.57251/el.v2i1.245

Mariana, D. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai; Vol. 5 No. 3 (2021): 2021; 10228-10233 ; 2614-3097 ; 2614-6754.

Putri Tsania, F. Q., & Surawan, S. 2022. Analisis Kesiapan Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah Manbail Futuh Jenu. Prosiding SNasPPM; Vol. 7 No. 1 (2022): Transformasi Digitalisasi Hasil Penelitian Dan Pengabdian Dalam Membangun Sinergitas Dunia Usaha Dan Industri Di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM); 513-517 ; 2580-3913 ; 2580-3921.

Suhandi, A. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. 2022. Penerapan Perilaku Jujur Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 13(1), 40–50. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.941

Susilana, R., Hernawan, A. H., Hadiapurwa, A., Syafitri, N. K., Halimah, L., & Nugraha, H. 2023. Pembinaan Pengembangan Kurikulum Merdeka Berbasis Best Practices Program Sekolah Penggerak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat; Vol 29, No 1 (2023): JANUARI-MARET; 13-18 ; 2502-7220 ; 0852-2715 ; 10.24114/Jpkm.V1i1.




DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v13i1.45575

Article Metrics

Abstract view : 447 times
PDF - 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.