MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN LEARNING COMMUNITY DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pembelajaran learning community. Hasil pembelajaran kondisi awal IPS Kompetensi Dasar mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan melalui pendekatan learning community diperoleh data dimana pada masa prasiklus mencapai rata – rata 63,33 dan hanya 50 % siswa mencapai nilai 70 atau > 70. Padahal idealnya minimal harus mencapai 100% siswa mendapat 70 atau > 70. Hasil belajar pada siklus I terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata kelas menjadi 69,89 dan sebanyak 65 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 90. Hasil belajar pada siklus II terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata kelas menjadi 83.3 dan sebanyak 90 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 100.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Learning Community
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i2.5917
Article Metrics
Abstract view : 329 timesPDF - 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.