MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK TUNGRAHITA SEDANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI KELAS DII-C SLB-E NEGERI PEMBINA MEDAN

Ninik Usmiyati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata bergambar di kelas DII-C tunagrahita sedang SLB-E Negeri Pembina Medan.  Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas DII-C tunagrhita sedang di SLB-E Negeri Pembina Medan yang berjumlah 6 orang yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas DII-C SLB-E Negeri Pembina Medan dalam membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata bergambar  dengan baik  dan pada siklus II guru (peneliti) dapat meningkatkan kemampuan siswa dengan lebih baik dengan menggunakan kartu kata bergambar dalam membaca permulaan dalam pembelajaran B.Indonesia.

 

Kata Kunci : Siswa tunagrhita sedang, Konsep bilangan dan lambang


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i2.5938

Article Metrics

Abstract view : 371 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.