BERMAIN PLAYDOUGH DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS DI-C SLB-E NEGERI PEMBINA MEDAN

Surantha Mendha

Abstract


ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal bilangan dan lambang bilangan dengan bermain playdough di kelas D1c tunagrahita sedang SLB-E Negeri Pembina Medan.  Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas 1 tunagrhita sedang di SLB-E Negeri Pembina Medan yang berjumlah 8 orang yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas DI-C SLB-E Negeri Pembina Medan dalam mengenal bilangan dan lambang bilangan dengan bermain playdough dengan baik  dan pada siklus II guru (peneliti) dapat meningkatkan kemampuan siswa dengan lebih baik dengan bermain playdough pada pembelajaran matematika dalam mengenal konsep bilangan dalambng bilangan pada pembelajaran.

 

Kata Kunci : Tunagrhita sedang, Bermain playdoug


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i2.5940

Article Metrics

Abstract view : 460 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.