MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SQ3R DI KELAS IV SD NEGERI 101100 GUNUNG TUA

Wesly Silalahi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca intensif dengan teks cerita rakyat menggunakan metode latihan bervariasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan strategi SQ3R. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 37 orang siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai pretest dari 37 orang siswa pada awal tindakan  dari 37 orang siswa diperoleh  nilai rata-rata kemampuan membaca  intensif siswa adalah 60,0 dengan kriteria untuk indikator mengenal huruf secara benar sebanyak 29 orang siswa (78,4%) mendapat nilai tinggi, untuk indikator menggunakan  tanda baca secara tepat 18 orang siswa (48,6%) mendapat nilai rendah, indikator menghubungkan tanda baca dan huruf  dengan maknanya sebanyak 20 orang siswa (54,1%) dan indikator membuat kesimpulan sebanyak 29 orang siswa (78,4%) mendapat nilai tinggi.  Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan membaca  intensif siswa adalah 71,4.  Pada sikus II  nilai rata-rata kemampuan membaca  intensif siswa adalah 88,1

Kata Kunci : Strategi, SQ3R, Kemampuan Membaca


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i1.5998

Article Metrics

Abstract view : 449 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.