MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMASANG DAN MEMBUKA KANCING BAJU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APRAS BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS D-1 SLB /ABC/ TPI MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memasang kancing baju dengan menggunakan media APRAS (alat peraga sederhana). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 tunagrahita sedang di SLB/ABC/TPI Medan yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memasang dan membuka kancing baju dengan baik dan pada siklus II guru (peneliti) dapat meningkatkan kemampuan siswa dengan lebih baik.
Kata Kunci : Tunagrahita Sedang, Media APRAS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i1.6001
Article Metrics
Abstract view : 751 timesPDF - 10 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.