MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMASANG DAN MEMBUKA KANCING BAJU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APRAS BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS D-1 SLB /ABC/ TPI MEDAN

Ngatur Ngatur

Abstract


ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memasang kancing baju dengan menggunakan media APRAS (alat peraga sederhana). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 tunagrahita sedang di SLB/ABC/TPI Medan yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memasang dan membuka kancing baju dengan baik dan pada siklus II guru (peneliti) dapat meningkatkan kemampuan siswa dengan lebih baik.

Kata Kunci : Tunagrahita Sedang, Media APRAS


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i1.6001

Article Metrics

Abstract view : 696 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.