UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS CTL BAGI SISWA DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i1.6010Abstract
ABSTRAK Penelitian ini termasuk dalam kategori Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Alat pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Inkuiri berbasis CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi pada materi ajar Menganalisis Hubungan Proklamasi Dengan UUD 1945, yang tergambar dari rata-rata aktivitas siklus 1 mencapai 2,91 dan meningkat sebesar 3,16 pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil tes tindakan setiap siklus, di mana siklus 1 mencapai 75,00% dan siklus 2 mencapai 92,86%. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis CTLPublished
2016-12-15
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.