PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriliani, Pawestri, S., & Radia, Hoesein, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 995–1003.
Babayiğit, S., Roulstone, S., & Wren, Y. (2021). Linguistic comprehension and narrative skills predict reading ability: A 9-year longitudinal study. British Journal of Educational Psychology, 91(1), 148–168. https://doi.org/10.1111/bjep.12353
Bogaerds-Hazenberg, S. T. M., Evers-Vermeul, J., & van den Bergh, H. (2021). A Meta-Analysis on the Effects of Text Structure Instruction on Reading Comprehension in the Upper Elementary Grades. Reading Research Quarterly, 56(3), 435–462. https://doi.org/10.1002/rrq.311
Djuanda, D. (2013). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. Bandung: In Tahta Media Group.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hjetland, H. N., Brinchmann, E. I., Scherer, R., Hulme, C., & Melby-
Lervåg, M. (2020). Preschool pathways to reading comprehension: A systematic meta-analytic review. Educational Research Review, 30 (December 2018), 100323. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100323
Indriani, E., Sabri, T., & Kartono, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53289
Iswara, P. D. (2014). Teknik Membaca Buku Dengan Membuka-Buka Buku. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.859
Kartika, M. Y., Ardhyantama, V., & Tisngati, U. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Mitigasi Bencana. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 76–86. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p76-86
Khairrani, A. (2019). E - Book Sebagai Media Pembelajaran di Masa Depan. Jurnal Repository Universitas Negeri Jakarta, 5–6. https://core.ac.uk/reader/199666880
Kuntari, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, 90–94. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1826
Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634
Liman Kaban, A., & Karadeniz, S. (2021). Children’s Reading Comprehension and Motivation on Screen Versus on Paper. SAGE Open, 11(1). https://doi.org/10.1177/2158244020988849
Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 175–184. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/mfyhe
Rohani. (2020). Media pembelajaran (p. 8).
Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138
Setiawan, U. (2022). Media Pembelajaran Cara Belajar Aktif: Guru Bahagia Mengajar Siswa Senang Belajar. Bandung: In Widina Bhakti Persada Bandung.
Smith, R., Snow, P., Serry, T., & Hammond, L. (2021). The Role of Background Knowledge in Reading Comprehension: A Critical Review. Reading Psychology, 42(3), 214–240. https://doi.org/10.1080/02702711.2021.1888348
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In P. D. Sugiyono (Ed.), Alfabeta, CV (19th ed., Issue April). Bandung: Alfabeta.
Sunaengsih, C., Djuanda, D., Syahid, A. A., & Juneli, J. A. (2024). Peningkatan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 163–169.
Tarakçı, Ö. Y., Keleş, S., & Kölemen, E. B. (2020). Preschool teachers’ science talks during picture storybook telling. Journal of Baltic Science Education, 19(6), 940–953. https://doi.org/10.33225/jbse/20.19.940
Wardhani, K. E. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Pada Tema Diriku. Undergraduate Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG., 7, 30–31.
DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v14i3.64408
Article Metrics
Abstract view : 47 timesPDF - 17 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.