MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MEDAN

Eva Betty Simanjuntak

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis sisiwa pada materi Menulis Teks Deskripsi melalui model Example Non Example di kelas V SD Negeri 101797 Delitua. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas V SD yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan menulis siswa, dan observasi guru dan siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus. Pada hasil post tes siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 62,63 dengan rentan peningkatan sebanyak 12,29 %. Pada hasil post tes siklus II nilai rata-rata siswa meningkat  menjadi 70,27 dengan rentan peningkatan mencapai 7,64% sedangakan observasi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar  75,45%, dan pada siklus II sebesar 81,81% artinya terjadi peningkatan sebesar 6,36% dari siklus I hingga siklus II.

 

Kata Kunci: Menulis, Teks Deskripsi, Model Example Non Example


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6832

Article Metrics

Abstract view : 386 times
PDF - 663 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.