PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP DEMOKRATIS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang didukung oleh media power point text (PPT) dalam upaya membentuk perilaku demokratis siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Prayatna Medan kelas X IPA. Populasi dalam penelitian ini sebanyak empat kelas dan dua kelas digunakan sebagai sampel penelitian dengan tekning random sampling sederhana. Teknik analisis data hasil belajar dan data sikap demokratis siswa menggunakan program SPSS-17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran PBL yang didukung oleh media power point text (PPT) dibanding dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Kooperatif tipe STAD yang didukung oleh media Power Point Text (PPT) pada materi pokok ikatan kimia.
Kata Kunci: Demokratis, PBL, Kooperatif, STAD, Model Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6834
Article Metrics
Abstract view : 588 timesPDF - 660 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.