UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELLING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 TEBING TINGGI

Debora Simanungkalit

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengetahui gambaran kedisiplinan siswa kelas VII dalam menaati tata tertib sebelum dan setelah diberi layanan penguasaan konten dengan teknik modelling. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMK Negeri 1 Tebing Tinggi. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling dan kelas VII PM yang menjadi sampel penelitian dengan jumlah responden 32 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat kedisiplinan siswa sebelum mendapatkan layanan penguasaan konten tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 66,6%. Setelah mendapatkan penguasaan konten persentasenya 77,6% tergolong kategori tinggi. Dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 11%.

 

Kata kunci: Layanan Penguasaan Konten, Modelling, Kedisiplinan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6839

Article Metrics

Abstract view : 505 times
PDF - 3045 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.