MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN MEDIA MANIK-MANIK DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BROMO MEDAN

Erna Kusnita

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dengan media manik-manik di kelas B TK  Aisyiyah Bustanul Atfal Bromo Medan.  Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah anak taman kanak-kanak kelas B yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan meronce dengan media manik-manik dalam kegiatan pembelajaran motorik halus dengan baik (43%) dan pada siklus II guru (peneliti) dapat menerapkan meningkatkan kemampuan motorik halus dalam kegiatan meronce dengan media manik-manik dengan sangat baik (88%).

 

Kata Kunci : Motorik Halus Anak, Meronce, Media  Manik-Manik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6840

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 2462 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.