PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII-H SMP NEGERI 1 STABAT

Riahta Riahta

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Intrumen pengumpul data berupa tes tertulis dan Lembar Observasi psikomotorik siswa digunakan untuk mengumpulkan data mengenai keterampilan Presentase. Dari hasil belajar tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, hasil belajar diatas dapat disimpulkan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang ditargetkan yaitu 85% tuntas belajar dalam 1 kelas dan hasil pengamatan aktivitas belajar siswadiperoleh data sebagai berikut, untuk siklus I memperoleh nilai diantaranya: Kelompok Pasar lokal 62,5, Kelompok Pasar harian 68,75, kelompok Pasar mingguan 50, Kelompok pasar bulanan 68,75 dan kelompok pasar tahunan 56,25 terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu: Kelompok Pasar lokal 87,5, Kelompok Pasar harian 93,75, kelompok Pasar mingguan 87,5, Kelompok pasar bulanan 93,75 dan kelompok pasar tahunan 81,25.

 

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Aktivitas, Hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6842

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.