MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA TUNARUNGU DALAM MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELAS DIV-B SLB-E NEGERI PEMBINA MEDAN

Sitti Nurliani Tarigan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa tunarungu dalam menulis karangan sederhana melalui media gambar berseri di kelas DIV-B  SLB-E Negeri Pembina Medan.  Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa tunarungu kelas DIV-B  SLB-E Negeri Pembina Medan yang berjumlah 6 orang yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat meningkatkan keterampilan siswa tunarungu kelas DIV-B SLB-E Negeri Pembina Medan dalam menulis karangan sederhana dengan menggunakan media gambar berseri dengan baik  dan pada siklus II guru (peneliti) dapat meningkatkan kemampuan siswa tunarungu dengan lebih baik dengan menggunakan media gambar berseri dalam menulis karangan sederhana dalam pembelajaran B.Indonesia.

 

Kata Kunci : Siswa Tunagrungu, Menulis Karangan Sederhana, Gambar Berseri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6846

Article Metrics

Abstract view : 350 times
PDF - 618 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.