MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA TUNARUNGU DALAM MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELAS DIV-B SLB-E NEGERI PEMBINA MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa tunarungu dalam menulis karangan sederhana melalui media gambar berseri di kelas DIV-B SLB-E Negeri Pembina Medan. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa tunarungu kelas DIV-B SLB-E Negeri Pembina Medan yang berjumlah 6 orang yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat meningkatkan keterampilan siswa tunarungu kelas DIV-B SLB-E Negeri Pembina Medan dalam menulis karangan sederhana dengan menggunakan media gambar berseri dengan baik dan pada siklus II guru (peneliti) dapat meningkatkan kemampuan siswa tunarungu dengan lebih baik dengan menggunakan media gambar berseri dalam menulis karangan sederhana dalam pembelajaran B.Indonesia.
Kata Kunci : Siswa Tunagrungu, Menulis Karangan Sederhana, Gambar Berseri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6846
Article Metrics
Abstract view : 392 timesPDF - 637 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.