MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN METODE BERVARIASI MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 101775 SAMPALI

Ida Eriani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan metode bervariasi supervise klinis kepala sekolah di SD Negeri 101775 Samapali. Dengan mengunakan metode pembelajaran yang bervariasi siswa dapat termotivasi dalam belajar untuk meningkatkan prestasinya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Supervisi Klinis dari kepala sekolah kompetensi guru meningkat dalam menerapkan Metode bervariasi dalam proses pembelajaran.  Ini terbukti dari kondisi awal yang pada mulanya  seluruh guru  belum menerapkan Metode bervariasi (0%) pada proses pembelajaran, pada siklus I pembuatan RPP (sesuai standar proses) 77,78%, penerapan Metode bervariasi 44,44%, sedangkan pada siklus II pembuatan RPP  (sesuai standar proses) 100%, penerapan Metode bervariasi 88,89%.

 

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Metode bervariasi, Supervisi Klinis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6847

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 1715 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.