PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBUAT ANYAMAN KERTAS PADA SISWA KELAS VII DENGAN METODE DEMONSTRASI DI SMP NEGERI 8 TEBING TINGGI

Bungaran Situmorang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang efektif guna meningkatkan Hasil belajar keterampilan siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tebing Tinggi dan aktifitas belajar siswa di kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa 56,34 dengan presentasi ketuntasan 56,90% aktifitas siswa dengan nilai yaitu 56,40, sedangkan persentase kemampuan guru pada siklus I yaitu 50,00% sedangkan hasil pada penelitian siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 69,43 dan presentasi ketuntasan 91,38% sehingga sudah memenuhi indikator kinerja dengan nilai rata-rata aktifitas siswa 66,27 dan presentase kemampuan guru dengan nilai 81,25% dari pelaksanaan siklus diatas ternyata adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 34,48% aktifitas belajar siswa 9,87, serta presentase kemampuan guru meningkat 31,25%.

 

Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan, Metode Demonstrasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6848

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 451 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.