PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 060822 MEDAN

Wesly Silalahi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok gaya magnet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 060822 Medan yang berjumlah 22 orang siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil observasi terhadap aktivitas mengajar guru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan I, nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 76.56 dan pada pertemuan II tetap berada pada angka 76.56. Pada siklus II pertemuan I, nilai rata-rata aktivitas guru meningkat menjadi 87.5 dan pada pertemuan II kembali meningkat menjadi 93.75.

 

Kata Kunci: Model Quantum Teaching dan Aktivitas Belajar Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6851

Article Metrics

Abstract view : 379 times
PDF - 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.