PENGARUH QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD SW. BETANIA MEDAN

Lidia Simanihuruk

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching dibandingkan model pembelajaran konvensional di SD SW. Betania Medan. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan model Group Pretes-postes. Data dianalisis menggunakan uji independent sampel t tes dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Sampel penelitian ini merupakan siswa kelas IV di SD Sw. Betania Medan. Penarikan sampel dilakukan secara purposif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang terdiri atas tes hasil belajar dan tes retensi yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan sudah valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh Medan pada materi pelajaran energi adalah hasil  belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, retensi siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci : Quantum Teaching, Hasil Belajar, Retensi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6854

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEJ : School Education Journal PGSD FIP UNIMED by PGSD Universitas Negeri Medan. p-ISSN : 2355-1720 | e-ISSN : 2407-4926