PENGARUH QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD SW. BETANIA MEDAN

Authors

  • Lidia Simanihuruk Dosen Jurusan PGSD FIP UNIMED

DOI:

https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6854

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching dibandingkan model pembelajaran konvensional di SD SW. Betania Medan. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan model Group Pretes-postes. Data dianalisis menggunakan uji independent sampel t tes dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Sampel penelitian ini merupakan siswa kelas IV di SD Sw. Betania Medan. Penarikan sampel dilakukan secara purposif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang terdiri atas tes hasil belajar dan tes retensi yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan sudah valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh Medan pada materi pelajaran energi adalah hasil  belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, retensi siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Quantum Teaching, Hasil Belajar, Retensi.

Author Biography

Lidia Simanihuruk, Dosen Jurusan PGSD FIP UNIMED

PGSD FIP UNIMED

Published

2017-07-18