PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS XI IPA-1 DI SMA NEGERI 3 BAGAN SINEMBAH
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6855Abstract
ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas XI IPA-1 di SMA Negeri 3 Bagan Sinembah. Temuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berlangsung dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh siswa yang tuntas sebesar 61,35% dan menigkat menjadi 88,46% pada siklus II; (2) Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga berjalan dengan maksimal, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan diperoleh pada siklus II aktivitas siswa memperoleh nilah sebesar 60% dengan kategori œcukup aktif dan meningkat menjadi 82,5% pada siklus II dengan kategori œAktif. Kata Kunci : Kooperatif, Jigsaw, Kimia, Laju Reaksi.Published
2017-07-18
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.