PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS XI IPA-1 DI SMA NEGERI 3 BAGAN SINEMBAH

Kartini Kartini

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia  dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas XI IPA-1 di SMA Negeri 3 Bagan Sinembah. Temuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berlangsung dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh siswa yang tuntas sebesar 61,35% dan menigkat menjadi 88,46% pada siklus II; (2) Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga berjalan dengan maksimal, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan diperoleh pada siklus II aktivitas siswa memperoleh nilah sebesar 60% dengan kategori “cukup aktif” dan meningkat menjadi 82,5% pada siklus II dengan kategori “Aktif”.

 

Kata Kunci : Kooperatif, Jigsaw, Kimia, Laju Reaksi.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6855

Article Metrics

Abstract view : 304 times
PDF - 394 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.