PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS XI IPA-1 DI SMA NEGERI 3 BAGAN SINEMBAH

Authors

  • Kartini Kartini Guru Kimia SMA Negeri 3 Began Sinembah

DOI:

https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6855

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia  dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas XI IPA-1 di SMA Negeri 3 Bagan Sinembah. Temuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berlangsung dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh siswa yang tuntas sebesar 61,35% dan menigkat menjadi 88,46% pada siklus II; (2) Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga berjalan dengan maksimal, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan diperoleh pada siklus II aktivitas siswa memperoleh nilah sebesar 60% dengan kategori œcukup aktif dan meningkat menjadi 82,5% pada siklus II dengan kategori œAktif. Kata Kunci : Kooperatif, Jigsaw, Kimia, Laju Reaksi. 

Author Biography

Kartini Kartini, Guru Kimia SMA Negeri 3 Began Sinembah

SMA Negeri 3 Began Sinembah

Published

2017-07-18