MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII-BSMP PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI NEGERI 1 STABAT
Abstract
ABSTRAK
Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap terjadi proses pembelajaran di kelas ada kecenderungan bahwa siswa sangat tidak aktif atau pasif dalam menanggapi proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, baik karena kurang menariknya cara guru menjelaskan, jenuhnya siswa karena terlalu panjang guru menerangkan, atau disebabkan kurang dimengertinya permasalahan yang dijelaskan. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas di SMP N 1 Stabat kabupaten Langkat. Dengan metode ini diharapkan motivasi belajar siswa bisa meningkat. Dan setelah penelitian ini ternyata hasil yang di dapat dari penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat membuat pelajaran Agama Kristen yang terkesan menjemukan dapat menjadi lebih menyenangkan
Kata Kunci: Jigsaw, Kooperatif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6856
Article Metrics
Abstract view : 428 timesPDF - 818 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.