MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII-BSMP PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI NEGERI 1 STABAT

Dina Sembiring

Abstract


ABSTRAK

            Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap terjadi proses pembelajaran di kelas ada kecenderungan bahwa siswa sangat tidak aktif atau pasif dalam menanggapi proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, baik karena kurang menariknya cara guru menjelaskan, jenuhnya siswa karena terlalu panjang guru menerangkan, atau disebabkan kurang dimengertinya permasalahan yang dijelaskan. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas di  SMP N 1 Stabat   kabupaten Langkat. Dengan metode ini diharapkan motivasi belajar siswa bisa meningkat. Dan setelah penelitian ini ternyata  hasil yang di dapat dari penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  dapat membuat pelajaran Agama Kristen yang terkesan menjemukan dapat menjadi lebih menyenangkan

 

       Kata Kunci: Jigsaw,  Kooperatif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6856

Article Metrics

Abstract view : 377 times
PDF - 753 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.