MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII-BSMP PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI NEGERI 1 STABAT

Authors

  • Dina Sembiring Guru SMP Negeri 1 Stabat

DOI:

https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6856

Abstract

ABSTRAK            Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap terjadi proses pembelajaran di kelas ada kecenderungan bahwa siswa sangat tidak aktif atau pasif dalam menanggapi proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, baik karena kurang menariknya cara guru menjelaskan, jenuhnya siswa karena terlalu panjang guru menerangkan, atau disebabkan kurang dimengertinya permasalahan yang dijelaskan. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas di  SMP N 1 Stabat   kabupaten Langkat. Dengan metode ini diharapkan motivasi belajar siswa bisa meningkat. Dan setelah penelitian ini ternyata  hasil yang di dapat dari penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  dapat membuat pelajaran Agama Kristen yang terkesan menjemukan dapat menjadi lebih menyenangkan        Kata Kunci: Jigsaw,  Kooperatif

Author Biography

Dina Sembiring, Guru SMP Negeri 1 Stabat

SMP Negeri 1 Stabat

Published

2017-07-05