UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKURI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI-1 SMP NEGERI 1 SECANGGANG

Endang Suharningsih

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui bagaimana cara menerapan model pembelajaran inkuri Terbimbing untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IX-1 di Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Secanggang Kab. Langkat. Prosedur penelitian ini direncanakan 2 siklus. Hasil belajar yang diperoleh yaitu pada siklus I hasil belajar siswa diperoleh  18 orang tuntas belajar atau sekitar 56,25 % dan 14 orang atau sekitar 43,75% tidak tuntas belajar, terjadi peningkatan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa  28 orang tuntas belajar atau sekitar 87,5% dan 4 orang atau sekitar 12,5 % tidak tuntas belajar. Dari hasil belajar tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, hasil belajar diatas dapat disimpulkan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang ditargetkan yaitu 85% tuntas belajar dalam 1 kelas.

 

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Aktivitas, Hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6858

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEJ : School Education Journal PGSD FIP UNIMED by PGSD Universitas Negeri Medan. p-ISSN : 2355-1720 | e-ISSN : 2407-4926