UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKURI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI-1 SMP NEGERI 1 SECANGGANG
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui bagaimana cara menerapan model pembelajaran inkuri Terbimbing untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IX-1 di Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Secanggang Kab. Langkat. Prosedur penelitian ini direncanakan 2 siklus. Hasil belajar yang diperoleh yaitu pada siklus I hasil belajar siswa diperoleh 18 orang tuntas belajar atau sekitar 56,25 % dan 14 orang atau sekitar 43,75% tidak tuntas belajar, terjadi peningkatan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa 28 orang tuntas belajar atau sekitar 87,5% dan 4 orang atau sekitar 12,5 % tidak tuntas belajar. Dari hasil belajar tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, hasil belajar diatas dapat disimpulkan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang ditargetkan yaitu 85% tuntas belajar dalam 1 kelas.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Aktivitas, Hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6858
Article Metrics
Abstract view : 323 timesPDF - 260 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.