MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX-3 SMP NEGERI I SECANGGANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Authors

  • Mujianto Mujianto Guru SMP Negeri 1 Secanggang

DOI:

https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6859

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini yaitu Untuk cara menerapkan model discovery learning untuk meningkatkan prestasi  belajar siswa kelas IX-3 SMP Negeri 1 Secanggang Kab. Langkat. Prosedur pelaksanaan penelitian ini direncanakan 2 siklus. Intrumen pengumpul data berupa tes tertulis dan lembar observasi aktivitas siswa digunakan untuk mengumpulkan data mengenai tingkat aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 19 orang tuntas belajar atau sekitar 57,58% dan 14 orang atau sekitar 42,42% tidak tuntas belajar dari total 33 orang siswa, terjadi peningkatan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa  29 orang tuntas belajar atau sekitar 87,88% dan 4 orang atau sekitar 12,12% tidak tuntas belajar. Dari hasil belajar tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, hasil belajar diatas dapat disimpulkan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang ditargetkan yaitu 85% tuntas belajar dalam 1 kelas. Kata Kunci : Discovery Learning, Aktivitas dan Hasil belajar

Author Biography

Mujianto Mujianto, Guru SMP Negeri 1 Secanggang

SMP Negeri 1 Secanggang

Published

2017-07-18