MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX-3 SMP NEGERI I SECANGGANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu Untuk cara menerapkan model discovery learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX-3 SMP Negeri 1 Secanggang Kab. Langkat. Prosedur pelaksanaan penelitian ini direncanakan 2 siklus. Intrumen pengumpul data berupa tes tertulis dan lembar observasi aktivitas siswa digunakan untuk mengumpulkan data mengenai tingkat aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 19 orang tuntas belajar atau sekitar 57,58% dan 14 orang atau sekitar 42,42% tidak tuntas belajar dari total 33 orang siswa, terjadi peningkatan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa 29 orang tuntas belajar atau sekitar 87,88% dan 4 orang atau sekitar 12,12% tidak tuntas belajar. Dari hasil belajar tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, hasil belajar diatas dapat disimpulkan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang ditargetkan yaitu 85% tuntas belajar dalam 1 kelas.
Kata Kunci : Discovery Learning, Aktivitas dan Hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6859
Article Metrics
Abstract view : 320 timesPDF - 244 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.