UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PERMAINAN SIMULASI PADA MATA PELAJARAN PPKN SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6860Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas 7-1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dengan menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dan alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes ulangan harian dan lembar observasi untuk siswa dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7-1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi dengan jumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar PPKn dikelas 7-1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Kata Kunci : Permainan Simulasi, PPKn, Hasil belajarPublished
2017-07-18
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.