UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PERMAINAN SIMULASI PADA MATA PELAJARAN PPKN SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI

Yeni Sugianti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas 7-1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dengan menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dan alat yang digunakan  dalam pengumpulan data adalah tes ulangan harian dan lembar observasi untuk siswa dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7-1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi dengan jumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar PPKn dikelas 7-1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi.

 

Kata Kunci : Permainan Simulasi, PPKn, Hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6860

Article Metrics

Abstract view : 432 times
PDF - 286 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.