UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 168294 TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam PTK ini adalah Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa untuk “Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat” melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Proses Belajar Mengajar (PBM) Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 168294 Tebing Tinggi? dan Bagaimana siswa menyikapi relevansi penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada PBM Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan hasil belajar? Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 168294. Objek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 168294 Tebing Tinggi yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yaitu, Siklus awal (45,71 %), Siklus I (76,26 %), Siklus II (92,18%). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan metode Tipe Kooperatif STAD padamata pelajaran PKNdapat membantu siswa dalam memahahi konsep pembelajaran dan mengasyikan untuk belajar bersama.
Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Metode STAD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6861
Article Metrics
Abstract view : 497 timesPDF - 303 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.