MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 163084
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6862Abstract
ABSTRAKPermasalahan dalam PTK ini adalah Apakah model pembelajaran cooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar Chest Pass Bola Basket di Sekolah Dasar Negeri 163084 Kota Tebing Tinggi? Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 163084 Tahun Pelajaran 2016/2017 pada bulan Agustus-November 2016. Objek yang diteliti adalah siswa kelas kelas VI SD Negeri 163084 Kota Tebing Tinggi yang besifat heterogen yang berjumlah 36 siswa. Dari hasil siklus I menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan sebelum pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dari 36 siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa (55%) dan siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (45%). Pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan belaajar sebanyak 28 siswa (77%) dan siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (23%) . Dari perolehan siklus II hasil Belajar siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal 75 %. Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar, Metode STADPublished
2017-07-18
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.