MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 163084

Erlina Purba

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan dalam PTK ini adalah Apakah model pembelajaran cooperatif Tipe  STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar Chest Pass Bola Basket di Sekolah  Dasar Negeri 163084 Kota Tebing Tinggi? Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 163084 Tahun Pelajaran  2016/2017 pada bulan  Agustus-November 2016. Objek yang diteliti adalah siswa kelas kelas VI SD Negeri 163084 Kota Tebing Tinggi yang besifat heterogen yang berjumlah 36 siswa. Dari hasil siklus I menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan sebelum pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dari 36 siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa (55%) dan siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (45%). Pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan belaajar sebanyak 28 siswa (77%) dan siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (23%) . Dari perolehan siklus II hasil Belajar siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal 75 %.

 

Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar,  Metode STAD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6862

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF - 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEJ : School Education Journal PGSD FIP UNIMED by PGSD Universitas Negeri Medan. p-ISSN : 2355-1720 | e-ISSN : 2407-4926