MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 163084
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam PTK ini adalah Apakah model pembelajaran cooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar Chest Pass Bola Basket di Sekolah Dasar Negeri 163084 Kota Tebing Tinggi? Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 163084 Tahun Pelajaran 2016/2017 pada bulan Agustus-November 2016. Objek yang diteliti adalah siswa kelas kelas VI SD Negeri 163084 Kota Tebing Tinggi yang besifat heterogen yang berjumlah 36 siswa. Dari hasil siklus I menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan sebelum pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dari 36 siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa (55%) dan siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (45%). Pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan belaajar sebanyak 28 siswa (77%) dan siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (23%) . Dari perolehan siklus II hasil Belajar siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal 75 %.
Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar, Metode STAD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6862
Article Metrics
Abstract view : 322 timesPDF - 423 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.