UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KEPATUHAN TERHADAP HUKUM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BAGI SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 9 TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6863Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan dan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Objek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 9 Tebing Tinggi yang berjumlah 40 siswa. Penelitian terdiri atas 2 siklus yang disebut dengan siklus 1 dan siklus 2. Dari aspek partisipasi siswa dalam pembelajaran pada siklus kedua semua aspek mengalami peningkatan yang cukup signifika. Semua siswa sudah terlibat dan aktif berdiskusi untuk memecahkan masalah sudah mencapai 39 (97,5%). Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa hasil siklus kedua dari aspek partisipasi/keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sudah tercapai secara optimal, sebab rata-rata persentase yang dicapai sudah 93,43%. Pada siklus kedua, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat yaitu dari 40 siswa pada siklus pertama hanya 30 siswa yang termasuk dalam kategori sudah tuntas belajar menjadi 39 siswa. Sehingga pada siklus kedua ini persentase kelulusan siswa sudah mencapai 93,43%. Kata Kunci: Metode tipe STAD, Belajar, hasil belajarPublished
2017-07-18
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.