UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KEPATUHAN TERHADAP HUKUM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BAGI SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 9 TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan dan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Objek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 9 Tebing Tinggi yang berjumlah 40 siswa. Penelitian terdiri atas 2 siklus yang disebut dengan siklus 1 dan siklus 2. Dari aspek partisipasi siswa dalam pembelajaran pada siklus kedua semua aspek mengalami peningkatan yang cukup signifika. Semua siswa sudah terlibat dan aktif berdiskusi untuk memecahkan masalah sudah mencapai 39 (97,5%). Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa hasil siklus kedua dari aspek partisipasi/keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sudah tercapai secara optimal, sebab rata-rata persentase yang dicapai sudah 93,43%. Pada siklus kedua, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat yaitu dari 40 siswa pada siklus pertama hanya 30 siswa yang termasuk dalam kategori sudah tuntas belajar menjadi 39 siswa. Sehingga pada siklus kedua ini persentase kelulusan siswa sudah mencapai 93,43%.
Kata Kunci: Metode tipe STAD, Belajar, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6863
Article Metrics
Abstract view : 305 timesPDF - 241 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.